Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19

(Analisis Media Siber Pada Facebook Kharisma Home & Kitchen Kupang Periode Januari-Maret 2022)

Penulis

  • Emilia Frida Thua Universitas Nusa Cendana
  • Lukas Lebi Daga Universitas Nusa Cendana
  • Veki Edizon Tuhana Universitas Nusa Cendana

Kata Kunci:

Strategi Digital Marketing, Media Sosial, Facebook, Analisis Media Siber, Pandemi Covid-19

Abstrak

Strategi digital marketing melalui media sosial seperti facebook menjadi fenomena yang banyak terjadi bagi pelaku usaha selama masa pandemi covid-19. Salah satu unit usaha di kota Kupang yaitu Kharisma home & kitchen telah menggunakan facebook sebagai media pemasaran yang dimulai pada tahun 2018 dan cukup mengalami keberhasilan terutama di masa pandemi covid-19. Hal ini yang menjadikan penulis ingin mengetahui bagaimana strategi digital marketing melalui facebook Kharisma home & kitchen di masa pandemi covid-19 serta untuk mengetahui level-level analisis media siber pada facebook Kharisma home & kitchen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis media siber (AMS), dengan menganalisis fenomena melalui level- level analisis media siber pada facebook Kharisma home & kitchen mulai dari ruang media, dokumen media, objek media dan pengalaman serta menggunakan teori konstruksi sosial teknologi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi virtual, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan melalui facebook Kharisma home & kitchen adalah dengan memanfaatkan secara baik fitur-fitur yang ada pada facebook. Facebook Kharisma home & kitchen juga sudah sesuai dengan analisis media siber yang terdiri dari:

(1) Ruang media, yang berfokus pada prosedur pembuatan akun facebook Kharisma home & kitchen, prosedur mempublikasikan konten, aspek grafis dari tampilan media. (2) Dokumen media, yang berfokus pada konten pemasaran pada facebook Kharisma home & kitchen. (3) Objek media, yang berfokus pada interaksi yang terjadi di media siber (4) Pengalaman, yang berfokus pada motif dan manfaat kehadiran media. Dengan menerapkan strategi digital marketing melalui facebook Kharisma home & kitchen maka terjadinya peningkatan penjualan yang cukup baik di masa pandemi covid-19. Dalam melakukan pemasaran melalui media digital diharapkan agar Kharisma home & kitchen dapat menggunakan semua media sosial yang ada dengan lebih konsisten agar Kharisma home & kitchen bisa mendapatkan banyak konsumen, juga dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas hingga mendapatkan keuntungan bagi Kharisma home & kitchen.

Unduhan

Diterbitkan

04-05-2023

Cara Mengutip

Thua, E. F., Daga, L. L., & Tuhana, V. E. (2023). Strategi Digital Marketing di Masa Pandemi Covid-19 : (Analisis Media Siber Pada Facebook Kharisma Home & Kitchen Kupang Periode Januari-Maret 2022). Deliberatio: Jurnal Mahasiswa Komunikasi, 2(2), 262–272. Diambil dari https://deliberatio.net/index.php/jikom/article/view/41

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama